Selasa, 15 Januari 2008

Jaring Teroris, Kamera 3D Dipajang di Tiap Kota

Dewi Widya Ningrum -



Kota di Tokyo (ist.)

Tokyo - Pemerintah Tokyo akan memajang kamera-kamera tiga dimensi (3D) di setiap sudut kotanya dengan sistem paling canggih, untuk mengantisipasi pelaku teroris di negaranya.

Program ini diluncurkan sebagai bagian dari hasil kerja sama pemerintah dengan pihak kepolisian, perusahaan dan universitas untuk mengembangkan sistem pendeteksi wajah.

Kamera-kamera tersebut akan ditempatkan di setiap sudut kota Tokyo, terutama di tempat-tempat umum seperti stasiun kereta api dan tempat-tempat umum lainnya yang potensial


Sistem tersebut akan menjadi yang pertama yang mampu mentransformasikan gambar-gambar secara instan ke bentuk 3 dimensi, yang kemudian akan dibandingkan secara real-time dengan foto-foto tersangka teroris yang ada dalam daftar pencarian.

"Sistem yang ada sekarang hanya memiliki kamera dan gambar dua dimensi sehingga sulit untuk dicocokkan dengan wajah asli ketika ditampilkan secara diagonal atau dilihat dari sudut berbeda," jelas salah seorang juru bicara.

Dilansir AFP dan dikutip detikINET, Senin (14/1/2008), sistem tersebut diperkirakan akan memakan dana hingga 110 juta yen (US$ 1 juta) dan akan mulai diuji coba pada 2010.
( dwn / dwn )

Tidak ada komentar: