Selasa, 01 April 2008

Sempurnakan Misi, Endeavour Mendarat di Bumi

CAPE CANAVERAL - Pesawat ulang alik Endeavour dan ketujuh astronotnya telah berhasil mendarat di tengah kegelapan menyelesaikan misi 16 harinya di stasiun luar angkasa internasional.

Endeavour mendarat pada Rabu malam waktu setempat, satu jam setelah matahari tenggelam, setelah melakukan perjalanan sejauh 6,5 juta mil selama 16 hari. "Ini merupakan misi yang luar biasa," ujar komanandan Endeavour Dominic Gorie yang dikutip Associated Press (AP), Kamis (27/3/2008). "Menakjubkan dari awal hingga akhir," imbuhnya.


"Saya pikir tidak akan ada hari sebaik ini selain melihat tiga potong perangkat keras yang indah itu," pungkas kepala operasi NASA Bill Gerstenmaier yang menyatakan kepuasannya.

Dalam durasi 16 hari, Gorie dan awak lain yang berasal dari berbagai negara telah menyelesaikan misinya, antara lain instalasi bagian pertama laboratorium Jepang Kibo, memasang robot Dextre milik Kanada, menguji coba perbaikan teknis, dan lainnya.

"Ini adalah langkah pertama untuk konstruksi Kibo kami," ujar vice presiden The Japanese Space Agency Kaoru Muamiya yang merasa beruntung telah menyaksikan pendaratan Endeavour.

Setelah misi Endeavour terselesaikan dengan sempurna, stasiun luar angkasa kini telah rampung sekira 70 persen, dan beratnya mencapai sekira 600.000 pon. Dalam dua tahun mendatang, lebih dari sepuluh pesawat antariksa dijadwalkan akan meluncur kembali ke stasiun luar angkasa internasional. (mbs)
sumber: Muhammad Chandrataruna - Okezone

Tidak ada komentar: